Minggu, 19 Januari 2014

Moyo Island


White Sands Of Moyo Island

Bila  anda suka dengan pantai ada satu tempat yang anda harus kunjungi,karena dipulau ini menyuguhkan keindahan pantai yang luar biasa yang masih terjaga kelestariannya. Pulau ini terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau yang memiliki keindahan pasir putih ini sangat cocok untuk menghilangkan rasa lelah  dan penat setelah lama bekerja.

Nama pulau tersebut adalah Pulau Moyo, pulau yang masih memiliki sekitar 22.000 hektar lebih taman buru, sehingga masih banyak potensi wisata yang dapat digali dan dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat
Taman buru Pulau Moyo ini juga sangat menarik untuk dikunjungi karena terdapat beraneka ragam flora dan fauna terutama Burung Cacatua Sulphurea) dan burung bertong.

Ada 2 alternatif yaitu melaui Darat dan Udara:
1.     Jalan darat dilayani mobiltTravel yang akan menempuh perjalanan selama +/- 6 jam dengan perinician : * Mataram - Pelabuhan Khayangan = 2 jam * (Kapal Ferri)Pelabuhan Khayangan - Poto Tano (Sumbawa Barat)= 1-2 jam * Poto Tano - Sumbawa Besar = 2jam


2.     Jalan udara dilayani sebuah Maskapai setiap hari dari Mataram-Sumbawa Besar dengan menggunakan pesawat Fokker 50 dan sebuah Maskapai yang terbang setiap Selasa dan Jumat. Perjalanan udara memakan waktu 35 menit.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Moyo adalah pada bulan Juli-Agustus. Hindari berpegian antara bulan Desember - April karena gelombang ombak laut yang cukup besar.
Berikut wisata yang dapat dinikmati di Pulau Moyo
1.     Tanjung Pasir
          Tanjung Pasir terletak diujung selatan Pulau Moyo. Di tanjung pasir ini terdapat beberapa brugak yaitu semacam bale yang belum selesai terbangun. Padahal bila semua brugak-brugak selesai dibangun, setiap pelancong dapat berisitirahat di brugak ini sambil menikmati pemandangan laut yang indah dan angin sepoi-sepoi. Tanjung ini biasa juga dijadikan tempat beristirahat bagi para nelayan sebelum kembali ke daratan.

Untuk mencapai Tanjung Pasir, kita dapat pergi melalui Sumbawa Besar dengan perahu motor nelayan sekitar 1,5 jam. Tempat yang paling dekat untuk mencapai Tanjung Pasir adalah dari desa Ai Bari dengan hanya menempuh perjalanan kurang dari 30 menit dengan menggunakan perahu motor nelayan. Desa ini dapat ditempuh dengan kendaraan dari Sumbawa Besar sekitar 1 jam.

2.     Ai Manis
Ai Manis adalah nama pantai dengan hamparan pasir putih yang sangat menawan. Pantai ini menjadi spot snorkling dan diving favorit karena keindahan nya tidak di lansekap nya saja namun di bawah air nya juga sangat menawan.
Perjalanan dengan kapal motor nelayan dari pantai kencana dapat ditempuh selama 60 menit atau dari Tanjung Pasir selama 20 menit.

3.     Air Terjun Mata Jitu
Air terjun ini dapat ditempuh dari desa Labuan Aji dengan sepeda motor atau ojek sekitar 20 menit dengan membayar ongkos ojek dan kontribusi ke dusun Labuan Aji.
Dalam perjalanan menuju air terjun, kita dapat menikmati pemandangan alam seperti perkebunan jambu mete dan hutan. Pada sekitar air terjun terdapat 7 kolam dimana kita tidak diperkenankan mandi atau berenang disana, namun ada tempat khusus yang telah disediakan untuk kegiatan tersebut

4.     Poto Jarum
Poto Jarum yang artinya Ujung Jarum adalah sebuah kawasan lindung di Pulau Moyo. Kawasan ini memiliki pantai yang begitu indah dengan berpasir putih. Pantai nya sangat cocok untuk beraktivitas snorkel atau berjemur (sunbathing).
Perjalanan dengan kapal motor nelayan dari pantai kencana dapat ditempuh selama 70 menit atau dari Tanjung Pasir selama 60 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar