Minggu, 19 Januari 2014

KALAMOA ISLAND, THE DREAM OF ISLAND


KALAMOA ISLAND, THE DREAM OF ISLAND

          Sebuah pulau kecil di pesisir barat Pulau Belitung. Kalamoa kami menyebutnya. Pulau ini terletak di muara sungai siburik yang merupakan pintu masuk menuju pelabuhan Tanjungpandan. Pulau ini terdiri dari bukit yang ditumbuhi pepohonan dan bakau. Karena letaknya di bagian barat, tentunya keindahan matahari terbenam. Selain keindahan alamnya, kalamoa memiliki banyak cerita baik legenda maupun sejarah. Pulau ini sudah dikenal sejak zaman kolonial belanda dulu. Di pulau yang kecil dan sepi ini dulunya digunakan oleh tentara belanda sebagai daerah pengawasan, ini bisa dilihat dari beberapa puing bekas menara yang diduga sebagai menara pengintai sekaligus petunjuk pelayaran, kaki meja dan pondok tempat peristirahatan, serta bangunan bekas lokasi tiang bendera. Selain itu di pulau ini juga terdapat bangunan bekas pengasingan penderita kusta yang saat ini kondisinya di tumbuhi pohon beringin yang besar. Selain itu juga di kalamoa terdapat 3 makam muslim yang konon salah satunya adalah ulama keturunan raja banten.
          https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKkJvxL30aJp4OQc8G9kfQu6iEe2sqwywy2PaWnHMRredyUstlS-Uf68avImWr10rsMjEgT2VsZFLgkl_K6KM3_QTOfysDODoswiuNzYbJfPuGX1l2Qe-ZSVWm-Owg2kwWqHJwYA-gLPI/s320/kalamoa+sun.JPG


          Pulau kecil nan sunyi ini melambangkan keragaman masyarakat lokal. jika kita masuk ke kalamoa, kita akan disambut sebuah kelenteng cina, kemudian kita akan bertemu tangga naik ( sekitar 60 anak tangga ) yang sanga curam, dimana sesampai diatas bukit kita akan menemukan bekas bangunan peninggalan belanda dan sebuah makam muslim. dari atas bukit kita akan mengikuti tangga turun kearah timur pulau. di pertangahan perjalanan kita akan menemukan sebuah makam muslim yang sudah dipugar. jika perjalanan kita lanjutkan kebawah, sebuah bangunan berbentuk setengah elips yang telah ditumbuhi pohon beringin besar akan menyambut kita, bangunan ini adalah rumah pengasingan kusta, dan di belakanganya terdapat sebuah makan muslim yang diduka sebagai turunan dari raja banten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar